Rabu, 20 Desember 2017

Penyakit Kencing Nanah dan Penyembuhannya

Kencing Nanah dan Cara Penyembuhannya - Gonore atau kencing nanah ialah salah satu penyakit menular seksual yang lazim dan disebabkan oleh bakteri bernama Neisseria gonorrhoeae atau gonococcus. Pria maupun wanita dapat terjangkit penyakit ini. Kuman gonococcus biasanya ditemukan di cairan penis dan organ intim wanita dari orang yang terinfeksi.

Bakteri penyakit ini bisa menyerang dubur, servik (leher rahim), uretra (saluran kencing dan air mani), mata, dan tenggorokan. Baca juga: Kencing Nanah d?n Cara Penyembuhannya

Gonore paling sering kali menular melalui hubungan seks, seperti seks oral atau anal, mainan seks yang terkontaminasi atau tidak dilapisi dengan kondom baru tiap digunakan, dan terkait seks tanpa memakai kondom. Bayi juga bisa terinfeksi ketika pengerjaan kelahiran bila ibunya mengidap penyakit gonore dan lazimnya menjangkiti mata bayi, sampai berpotensi mengakibatkan kebutaan permanen.

Kuman gonore tak dapat bertahan hidup di luar tubuh manusia untuk waktu yang lama, itu sebabnya gonore tidak menular melewati dudukan toilet, perlengkapan makan, berbagi handuk, kolam renang, berbagi gelas, ciuman, dan pelukan.

Gejala Gonore

Sekitar 10 persen pria yang terinfeksi dan 50 persen dari wanita yang terinfeksi tak mengalami gejala sehingga banyak penderita gonore menularkannya kepada pasangan mereka tanpa disadari.
Lazimnya lebih mudah untuk mengenali gejala gonore pada pria dibandingi wanita sebab gejala permulaan pada wanita mungkin sungguh-sungguh ringan atau tidak begitu jelas sehingga sering kali keliru dianggap sebagai infeksi Miss V atau infeksi saluran kemih. Tapi demikian, infeksi akan menjalar ke organ panggul wanita seandainya tak seketika diobati dan dapat menyebabkan perdarahan pada Miss V, sakit pada perut komponen bawah, demam, dan sakit ketika melaksanakan kekerabatan seksual.

Gejala gonore yang sering muncul, baik pada pria ataupun wanita, di antaranya yakni saat membuang air kecil akan terasa sakit atau perih dan keluarnya cairan kental seperti abses berwarna kuning atau hijau dari organ intim wanita atau penis. Oleh sebab itu, penyakit ini dikenal dengan sebutan ‘kencing abses’.

Diagnosis Gonore

Ada beberapa metode untuk menegakkan diagnosis gonore pada seseorang. Pada hampir sebagian besar kasus, dokter akan melaksanakan pengujian sampel cairan dari Miss V atau penis untuk kemudian diperiksa di laboratorium.
Pada wanita, dokter atau perawat umumnya akan menggunakan cotton bud untuk mengambil sampel cairan di vagina atau mulut rahim. Tapi, dokter mungkin juga dapat meminta pasien untuk mengaplikasikan tampon guna mengambil sampel cairan tersebut. Prosedur ini tidak memunculkan rasa sakit, melainkan pasien mungkin akan merasa sedikit tidak nyaman. Baca juga: Kencing Nanah d?n Cara Penyembuhannya

Prosedur pada pria sedikit berbeda, di mana dokter mungkin akan memeriksa sampel air seni pasien untuk kemudian diperiksa alhasil di lab. Pemeriksaan air kemih ini kurang jitu hasilnya pada pasien wanita. Selain itu, dokter mungkin juga akan mengambil sampel cairan yang keluar di ujung penis dengan menggunakan cotton bud.

Pengobatan dan Pencegahan Gonore

Dokter biasanya akan memberikan satu suntikan antibiotik dan satu tablet antibiotik untuk mengobati gonore, serta memberi saran agar Anda kembali lagi satu atau dua pekan sesudah pengobatan awal untuk pemeriksaan ulang dan memutuskan bakteri gonore telah hilang sepenuhnya.
Gejala akibat bakteri gonore akan membaik sesudah beberapa hari jikalau dilakukan pengobatan yang tepat sasaran dan sesegera mungkin. Namun seandainya dibiarkan, bisa menjadi problem yang serius.

Untuk mencegah penularan pada orang lain atau terinfeksi kembali, Anda dan pasangan Anda sebaiknya tidak berhubungan seks hingga perawatan benar-benar tuntas dan pemeriksaan ulang sudah rupanya negatif.

Anda dapat terkena penyakit gonore kembali bila tak menjalankan hubungan seks yang sehat dan aman di kemudian hari. Metode terbaik untuk mencegah infeksi menular seksual yakni dengan tidak berganti-ganti pasangan, tak melaksanakan relasi seksual di luar nikah, dan gunakan kondom kalau melaksanakan hubungan seks.

Demikian merupakan review tentang Kencing Nanah dan Penyembuhannya yang dapat de nature sampaikan utk Bapak/ Ibu semua. Semoga bacaan tersebut bermanfaat serta bisa menambah wawasan untuk kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar